Timnas Indonesia Berhasil Lewati Thailand dan Vietnam di Peringkat FIFA

Seluruh Pemain Timnas Indonesia dan Ofisial saat Meriahkan Kemanangan. Foto: Suara.com
Seluruh Pemain Timnas Indonesia dan Ofisial saat Meriahkan Kemanangan. Foto: Suara.com

Tungkal – Dari semua Negara Asia Tenggara (ASEAN), Timnas Indonesia memperoleh poin tertinggi. Serta perbaikan posisi yang impresif pada ranking FIFA selama jeda internasional periode September 2022.

Dikarenakan, Timnas Indonesia berhasil naik tiga posisi dari 155 mendadi 152 dalam ranking FIFA setelah menorehkan dua kemenangan atas Curacao pada laga FIFA Matchday.

Dimuat dari laman Suara.com (media partner jambiseru.com), dengan judul artikel “Thailand dan Vietnam Lewat! Ranking FIFA Timnas Indonesia Melonjak Tertinggi Dibanding Negara ASEAN Lain“, sebelumnya, dua kemenangan itu diraih pada pertemuan pertama dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (24/9/2022) dan pertemuan kedua menang 2-1 di Stadion Pakansari, Selasa (27/9/2022).

Menurut kalkulasi yang dilakukan oleh Footy Rankings, kemenangan pertama menghasilkan 7,41 poin, sedangkan kemenangan yang kedua mendapatkan 7,30 poin.

Dengan hasil ini, timnas Indonesia yang sebelumnya mengantongi 1019.19 poin di peringkat ke-155 kini naik ke posisi 152 ranking FIFA dengan koleksi 1033.90 poin.

Jumlah yang diperoleh sekaligus perbaikan posisi yang dialami skuad Merah Putih ini terhitung menjadi yang tertinggi jika dibandingkan dengan kontestan lainnya.

Vietnam, misalnya, yang menggelar ajang VFF Tri-Nations Series 2022 bersama India dan Singapura tak mendapatkan perubahan posisi yang berarti.

Padahal, Vietnam sukses menang 4-0 atas Singapura, lalu menumbangkan India dengan skor 3-0. Hasilnya, mereka kini tetap berada di urutan 96 FIFA dengan koleksi 1226.65 poin.

Selanjutnya, Malaysia yang mendapatkan tambahan poin tipis sebesar 1.16 seusai menahan imbang 0-0 Tajikistan tapi kalah penalti pada ajang King’s Cup 2022 hanya sukses naik satu tangga di ranking FIFA.

Padahal, sebelumnya mereka sukses menumbangkan Thailand via adu penalti di ajang yang sama dengan mengumpulkan tambahan poin sebesar 3,57.

Saat ini, tim berjulukan Harimau Malaya itu berada di urutan ke-146 ranking FIFA dengan jumlah poin sebesar 1062.32.

Selain itu, dibandingkan dua negara yang disebutkan terakhir, Thailand sukses mendulang poin yang cukup banyak pada laga terakhirnya di ajang King’s Cup 2022.

Sebab, setelah sukses menumbangkan Trinidad dan Tobago dengan skor tipis 2-1, Thailand sukses mendapatkan tambahan poin sebesar 5,30.

Dengan hasil ini, tim berjulukan Gajah Perang itu memiliki poin sebesar 1174,93 dan berhak naik dua tingkat ke urutan 111 ranking FIFA.

Dengan demikian, timnas Indonesia sukses menjadi negara asal ASEAN yang mendulang tambahan poin paling tinggi di antara negara-negara lainnya pada ajang FIFA Matchday ini.

Pasalnya, skuad asuhan Shin Tae-yong sukses dua kali menumbangkan negara peringkat ke-84 ranking FIFA. (Suara/Put)

Pos terkait