Kondisi Pustu Desa Sunsang Tidak Layak Pakai Butuh Perhatian Pemda

Kondisi Bangunan Pustu Desa Sunsang. Foto: Put
Kondisi Bangunan Pustu Desa Sunsang. Foto: Put

Tungkal – Sangat miris, bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu), Dusun Suka Sari Desa Sunsang, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), kondisinya terlantar sejak beberapa tahun silam. Bangunan pustu ini sudah tidak layak fungsi.

Pantauan BIRU (jambiseru.com), terlihat lantai keramik pustu terlihat rusak. Bagian dinding bangunan sudah retak dan miring. Begitu juga bagian plafon tampak rusak. Tak heran pustu ini tidak digunakan lantaran tak layak huni.

Diketahui, Pustu ini dibangun pada tahun 2011 lalu, menggunakan APBD Kabupaten Tanjabbar.

Kepala Desa (Kades), Sunsang, Arbain mengatakan, tak menampik kondisi pustu tersebut memprihatinkan, pelayanan kesehatan sejak beberapa tahun terakhir dipindahkan ke rumah pribadi bidan.

“Mengenai pengusulan pembangunan Pustu, selama ini belum ada tindak lanjut, meski berkali-kali diusulkan melalui musrenbang desa hingga tingkat kecamatan,” ucap Arbain, Rabu (28/9/2022).

Dikatakan Arbain, Rencananya Pemdes akan mengambil kebijakan dan berencana menggunakan dana desa untuk pembangunan pustu. Hanya saja, pustu tersebut harus dihibahkan ke desa.

“Itu masih aset pemda, kalau menggunakan dana desa berarti harus ada hibah dari pemkab ke desa. Ya terpaksa kami ambil kebijakan ini dengan dasar hasil musyawarah masyarakat, mengingat belum ada titik terang dalam pengajuan yang kami buat melalui musrembang desa dan kecamatan,” terang Arbain.

Ditambahkan Arbain, saat masih menunggu perubahan status surat hibah terlebih dahulu dari aset Pemkab Tanjabbar untuk desa, agar pembangunan pustu bisa menggunakan dana desa.

“Sesuai hasil musyawarah masyarakat kemaren ditahun 2022, ini sudah kita anggarkan dengan melihat kondisi alam. Ya, kalau kondisi alam tidak mendukung terpaksa kita pending,” tukasnya. (Put)

Pos terkait