Mengenal Sejarah dan Awal Perkembangan Olahraga Futsal di Indonesia

Pertandingan Olahraga Futsal. Foto: Suara.com
Pertandingan Olahraga Futsal. Foto: Suara.com

Tungkal – Darimana asal sejarah lahirnya permainan Futsal, termasuk kapan permainan ini bisa ada di Indonesia dan menjadi salah satu olahraga terfavorit di Tanah Air.

Sebuah cabang olahraga Futsal merupakan olahraga yang percis dengan sepak bola. Hanya saja, Futsal ini dimainkan di sebuah ruangan sesuai dengan namanya yang diambil dari bahasa Spanyol, yakni Futbola (sepak bola) dan Sala (dalam ruangan).

Olahraga futsal ditemukan pertama kali di Uruguay, tepatnya di Montevideo pada tahun 1930 oleh seorang pria yang bernama Juan Carlos Ceriani.

Dilangsir dari laman Suara.com (media partner jambiseru.com), dengan judul artikel “Sejarah Futsal dan Awal Mula Perkembangannya di Indonesia“, awal ditemukannya futsal oleh Juan Carlos Ceriani dikarenakan dirinya yang lelah dengan kondisi lapangan yang basah ketika hujan.

Karena lapangan kerap basah dan tergenang karena hujan, dirinya dan rekan-rekannya pun tak bisa bermain maupun berlatih sepak bola.

Baca juga “Timnas Futsal Indonesia Masuk Peringkat 5 Besar Asia, Lewati Australia dan Vietnam

Karena alasan tersebut, Juan Carlos Ceriani lalu berinisiatif membuat sebuah olahraga yang bisa dimainkan di dalam ruangan dan membuat lahirnya olahraga futsal.

Pada awalnya, futsal buatan Juan Carlos Ceriani memiliki aturan seperti sepak bola, yakni dengan 11 pemain di setiap tim.

Namun aturan ini diubah karena lapangan untuk bermain di ruangan yang terbilang sempit, sehingga futsal pun kini dimainkan oleh lima orang saja.

Karena lapangan yang sempit dan jumlah pemain yang sedikit, aturan dalam futsal pun dibuat sedemikian rupa dan berbeda jauh dengan sepak bola.

Futsal dimainkan dalam dua babak seperti sepak bola. Bedanya, waktu yang dimainkan hanya 20 menit di setiap babak tanpa adanya Injury Time.

Aturan di dalamnya pun juga berbeda dengan sepak bola, kendati secara permainan futsal dan sepak bola memiliki kemiripan.

Saat ini, futsal telah mendunia dan menjadi permainan yang digandrungi banyak orang, termasuk di Indonesia sendiri.

Lantas, kapan olahraga futsal masuk ke Indonesia?

Sejarah Futsal Masuk ke Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber yang ada, olahraga futsal diketahui masuk ke Indonesia saat Tanah Air mengalami krisis moneter, yakni di tahun 1998-1999.

Sedangkan secara resmi, olahraga futsal pertama kali dikenal masyarakat pada awal tahun 2000 an. Tepat pada tahun 2002, futsal pun telah resmi menjadi olahraga di Indonesia.

Futsal menjadi olahraga resmi di Indonesia usai AFC sekali federasi sepak bola Asia menunjuk Tanah Air sebagai tuan rumah Kejuaraan Futsal Asia atau Piala Asia Futsal.

Sejak saat itu, futsal di Indonesia kian berkembang dan memiliki kompetisi resmi yang berlangsung setiap musimnya, sama seperti sepak bola.

Saat itu, liga futsal pertama di Indonesia bernama Liga Futsal Indonesia atau LFI yang berada di bawah naungan Badan Futsal Nasional (BFN) dan telah berlangsung sejak 2004.

Setelahnya, futsal pun makin berkembang dan disukai banyak orang. Hal ini terlihat dari banyaknya lapangan untuk memainkan permainan ini.

Banyak tokoh-tokoh Indonesia yang berjasa akan perkembangan olahraga futsal di Tanah Air. Ada Wandy Batangtaris yang pernah menjabat sebagai Komite Futsal Fifa.

Baca juga “5 Wakil Atlet Indonesia Lolos ke Semifinal di Vietnam Open 2022″

Lalu ada pula Ronny Pattinasarani yang juga berjasa akan perkembangan futsal. Karenanya, keduanya dianggap sebagai pelopor dan pengembang futsal di Indonesia.

Sejak saat itu, futsal pun kian digandrungi masyarakat Tanah Air dan juga menjadi salah satu olahraga andalan di Indonesia pada ajang-ajang internasional.

Hal ini terbukti dari prestasi Indonesia di kancah futsal dunia, di mana tim nasionalnya mampu menembus peringkat 39 dunia dan peringkat 6 Asia. (Put/Suara)

Pos terkait